304 Desa di Deli Serdang Pilkades Serentak

Sebanyak 304 Desa di 22 Kecamatan yang berada di Kabupaten Deli Serdang,Selasa (19/4) melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak.1.061 calon kepala desa bertarung untuk mendapatkan suara dari masyarakat.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan usai meninjau pelaksanaan Pilkades di tiga Kecamatan masing-masing Kecamatan Sunggal,Hamparan Perak dan Labuhan Deli, sekitar pukul 13.15 WIB mendatangi TPS di Desa Jati Sari Lubuk Pakam untuk menggunakan hak pilihnya.

Sebanyak 7 tim di sebar untuk memantau jalannnya Pilkades di 22 kecamatan,dimana Bupati H Ashari Tambunan yang memimpin Tim I bersama Kapolres Belawan AKBP Edy Swandono,Kajari Lubuk Pakam Asep Mariono SH bersama FKPD meninjau Pilkades di Desa Sei Semayang Sunggal,Desa Kelambir V Hamparan Perak serta Desa Helvetia Labuhan Deli. Sementara Tim II yang dipimpin Wakil Bupati H Zainuddin Mars meninjau Kecamatan Tanjung Morawa, Batang Kuis serta Percut Sei Tuan.

Bupati H Ashari Tambunan seusai menggunakan hak pilihnya di Desa Jati Sari menyebutkan secara umum pelaksanaan Pilkades di 304 desa hingga siang ini berjalan dengan tertib dan lancar.Mudah-mudahan hingga akhir pesta demokrasi berjalan tanpa kendala.

Menyinggung tentang harapannya pada Pilkades ini,H Ashari Tambunan menyebutkan melalui Pilkades terpilih kepala desa yang siap mengabdikan dirinya bersama sama dengan masyarakat untuk membangun desa.Sedangkan bagi yang belum berhasil,Bupati menghimbau untuk bersama sama dengan kepala desa terpilih ikut berperan membangun desa. Apalagi sebelum pelaksanaan Pilkades para calon kepala desa telah mendeklarasikan Pilkades damai.

Berdasarkan pemantauan,pelaksanaan Pilkades terlihat mendapat sambutan hangat dari lapisan masyarakat desa.Jika dibandingkan dengan Pemilu legislatif,Pilpres,Pilkada dan Pilgubsu,animo masyarakat terlihat jauh lebih tinggi untuk menggunakan hak suaranya,rata rata tingkat partisipasi mencapai 70 persen.